Pages

Senin, 29 Maret 2010

Cuap cuap, bla bla bla . . .

2 hari ini saya di sibukkan dengan suatu kegiatan open recruitment organisasi, khususnya kegiatan wawancara. Saat wawancara ini kami ( para pewawancara ) mencoba "mengorek" informasi mengenai pribadi seseorang, kualitas kerja mereka, semua informasi tentang mereka harus bisa terbongkar pokoknya. Di mulai dipancing dengan pertanyaan yang mudah, dari sana di kembangkan ke pertanyaan-pertanyaan yang lebih rumit. Ada yang tetep percaya diri, tapi ada juga yang jadi gugup, bahkan sampe keringetan ( ngeliatnya kasian juga, keringet sampe segede jagung ). Ada yang dengan mudah mengutarakan pendapat dan pikirannya, tapi ada juga yang ngomongnya beribet. Ada yang bikin ketawa sampe guling", ada yang mencoba "humoris", eh...malah dinginnn.

Wawancara hari kedua ( Minggu, 28-03 ), siang hari, temen-temen pewawancara mulai terlihat letih (begitu pula saya). Malahan saya d tengah-tengah wawancara sempat tidur, sungguh tak tertahankan rasa kantuk ini, mata rasanya berat sangat. Setiap satu wawancara selesai, langsung aja ndlosor tiduran d lantai, tapi setiap ada yang dateng lagi, langsung pura-pura fit.......

Jadi belajar mengenai karakter dari banyak orang di sini. Gimana mereka mengatasi rasa grogi mereka, gimana kemampuan berbicara mereka dengan orang lain, gimana inisiatif yang mereka punyai. Yang penting, harus bisa mengontrol diri sendiri dan dengan begitu dapat mengutarakan pikiran kita dengan lancar dan baik.

0 komentar:

Posting Komentar